Toyota Luncurkan Seri Prius Paling Anyar

 


Toyota Prius (4yea.com)

Detroit (ANTARA News) – Toyota Motor Corp meluncurkan seri terbaru Prius dengan dua tambahan baru dalam upaya mengembangkan seri hibrid ikonik itu di Amerika Serikat yang adalah pasar terbesarnya.

Prius V yang lebih lega dan konsep Prius C yang padu adalah diantara yang memanaskan pameran mobil Detroit, di mana para pesaingnya memperkenalkan mobil ramah lingkungan dalam upaya menarik basis pelanggan yang semakin sadar akan efisiensi bahan bakar.

Toyota, produsen otomotif terbesar dunia, mendominasi pasar mobil hibrid berbensin-listrik sejak meluncurkan Prius pertamanya pada 1997.

Toyota memiliki 14 model hibrid secara global dan berencana menambahkan 11 model lagi selama dua tahun ke depan yang untuk memenangkan satu reputasi sebagai produsen mobil termutahkir dalam soal teknologi wahan hemat bahan bakar.

Sementara para pesaingnya Nissan Motor Co dan General Motors Co memburu pasar otomotif ramah lingkungan lewat Leaf dan mobil listrik Volt yang diluncurkan mereka bulan lalu.

Volume penjualannya diperkirakan berada di bawah Prius sampai harag tinggi baterai turun secara signifikan.

Penjualan Toyota Prius melonjak 36 persen dari tahun lalu menjadi 140.928 unit, kata Autodata. Dan untuk sementara ini membuatnya menjadi mobil hibrid paling populer di jalanan.

“Prius menjadi ikon mobil hibrida seperti Kleenex untuk tisu dan Levi’s untuk jeans,” kata Bob Carter, Kepala Toyota di AS, pada peluncuran seri terbaru mobil hibrid Toyota ini.

Presiden Toyota Akio Toyoda yang membuka konferensi pers di pameran mobil Senin waktu AS (Selasa pagi WIB) mengatakan bahwa Prius berangsur-angsur tumbuh pilar keempat mobil Jepang di Amerika Serikat, bersama Corolla, Camry dan truknya.

Di bawah tagline “Prius Goes Plural,” Toyota memamerkan dua model baru di samping generasi ketiga Prius yang saat ini ada dan versi mobil dengan plug-in hybrid (PHV) yang akan dijual Toyota mulai tahun depan.

Prius V yang bertempat duduk lima akan mengguncang ruang pamer-ruang pamer mobil di AS selama musim panas nanti dengan menyasar ruang kargo dan utilitas yang lebih lapang, kata Carter.

Prius diperkirakan bisa menempuh 40 mil per galon BBM dalam berkendara di dalam kota dan jalan raya. Versi Jepang ini juga tersedia dalam versi tiga tempat duduk.

Toyota juga memperkenalkan konsep Prius c, yang disebut mobil ramah perkotaan yang diperuntukan bagi para lajang dan pasangan muda yang ingin berkendara jauh dan dimanjakan dengan interior ruang Prius yang lebih lapang.

“Ini akan menjadi mobil hibrid paling berorientasi nilai, dengan jarak tempuh paling jauh dibandingkan setiap ‘komponen’ hybrid yang tersedia di AS,” kata Carter, menunjuk jarak tempuh yang melebihi kapasitas biasa Prius 50 mpg.

Model berdasarkan konsep Prius c akan dijual di AS akan dijual ke pasaran pada paruh terakhir tahun 2012.(*)

About rahmattkr2

pusink
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s