Optimalkan Pasokan Bahan Bakar


KARENA teknologinya berbeda, cara perawatan kedua peranti pemasok bahan bakar ini tidaklah sama. Khusus untuk karburator, agar rasio pasokan bahan bakar udaranya selalu optimum, perlu penyetelan mekanik. Sedangkan injeksi tidak memerlukan penyetelan, semuanya sudah diatur oleh komputer.

Yang terpenting dari injeksi yaitu jangan mengutak-atik peranti air flow meter sembarangan. Alat inilah yang memberikan informasi soal injeksi bahan bakar. Kalau sudah berubah, relatif sulit untuk mengembalikannya ke posisi standar. Seiring dengan banyaknya pemakaian, injektor bisa menjadi kotor dan tersumbat.

Dampaknya, semprotan bahan bakar tidak lagi menyebar rata. Untuk itu servislah injektor secara berkala.Saat ini di pasaran beredar produk perawatan mesin injektor yang berbentuk spray dan busa atau foam. Produk spray yang cair, sesuai untuk digunakan pada perawatan ringan. Produk ini cukup efektif menghilangkan kotoran tipis pada throttle bodi injeksi.Sedangkan foam yang memiliki tingkat pembersih lebih akurat, cara kerjanya lebih bagus.

Foam bisa menjangkau masuk ke dalam klep dan kepala silinder, sehingga mampu mencairkan kerak-kerak. Tentunya karena perbedaan ini harga foam lebih mahal dibandingkan spray.Selain untuk injeksi, di pasaran tersedia pula produk carburator cleaner. Cara penggunaannya adalah setelah saringan penutup karburator dilepas, pastikan fungsi katup dan rongga karburator dapat disemprot secara rata.

Penyemprotan pertama dilakukan saat mesin mati. Semprotkan cleaner secara merata. Diamkan beberapa saat, lalu nyalakan mesin. Tekan gas perlahan hingga mesin terasa bergerak rata. Ulangi penyemprotan cairan pembersih ke seluruh bagian karburator tak terkecuali rongga kecil di sejumlah bagian.

Sampai di sini, biarkan mesin bergerak tanpa tekanan tambahan putaran gas. Selanjutnya, matikan mesin dan diamkan sekitar lima sampai tujuh menit. Ini dimaksudkan untuk kepentingan menurunkan serpihan kotoran karburator di rongga pembakaran.Kemudian hidupkan mesin, dan lakukan tekanan gas secara penuh.

Dari ujung knalpot akan segera keluar asap hitam hingga akhirnya memutih. Teruskan tekanan gas, sampai knalpot tak lagi terlihat mengeluarkan asap. (bk)*** 

About rahmattkr2

pusink
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s